SD NEGERI 1 MENTOK

Jl. Basuki Rahmat No. 209 Sungai Daeng Muntok

KEGIATAN LOMBA MEWARNAI KREATIF YANG DIADAKAN FABER CASTELL

Sabtu, 16 Maret 2019 ~ Oleh Eka Minati ~ Dilihat 4768 Kali

Lomba Mewarnai Kreatif ini diadakan oleh PT. Faber-Castell yang di ikuti oleh siswa SD Negeri 1 Muntok dari kelas 1 sampai kelas 3. Para siswa pun sangat antusias mengikuti kegiatan mewarnai ini. Tahukah kalian ? Sebagian anak senang dengan kegiatan mewarnai, lewat mewarnai mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka.

Perlu diketahui bahwa belajar mewarnai memiliki banyak manfaat bagi si kecil, yuk kita simak lebih lanjut.

1. Mengembangkan Kemampuan Motorik

Aktifitas mewarnai dapat membantu meningkatkan kerja otot tangan pada anak. Kemampuan motorik tersebut sangat penting dalam perkembangan anak, seperti halnya mengetik, mengangkat benda.

2. Sebagai Media Berekspresi

Kegiatan mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih.

3. Mengenal Perbedaan Warna

Aktifitas anak mewarnai biasanya menggunakan pensil warna atau krayon dapat membantu anak mengenal warna, anak dapat membedakan warna satu dengan yang lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah anak memadukan warna sehingga membantu anak untuk terus berkreasi.

4. Melatih Anak Menggenggam Pensil

Lewat kegiatan mewarnai yang dilakukan anak, mereka akan belajar menggenggam pensil meskipun diawali dengan menggenggam krayon, karena sering dilakukan berulang-ulang maka akan menjadi kebiasaan yang akan membantu si kecil dalam menulis saat anak duduk di bangku sekolah. Tetap semangat dan terus belajar.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Ternyata mewarnai dapat melatih anak konsentasi, ketika anak sedang melakukan kegiatan mewarnai anak tidak mudah teralihkan dan tetap fokus. Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.

6. Melatih Kemampuan Bekerjasama

Mewarnai membutuhkan kerjasama yang baik antara mata dan lengan, mulai dari cara menggenggam krayon, memilih warna, hingga menajamkan warna. Kemampuan ini sangat penting untuk anak.

7. Mengenal Garis Batas Bidang

Saat anak mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas yang ada dihadapannya. Seiring berjalannya waktu anak akan memahami dan memperhatikan garis batas tersebut, sehingga anak akan berusaha mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Ini akan membantu anak saat anak mulai menulis di buku yang bergaris.

8. Mewarnai Melatih Anak Membuat Target

Aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan membantu anak meyelesaikan tugas yang dihadapinya. Di sini akan terpupuk rasa tanggung jawab anak dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk kepercayaan diri si kecil bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya.

Wah banyak sekali bukan manfaat dari mewarnai, maka dari itu kita jangan pernah memandang sebelah mata kegiatan mewarnai yang dilakukan anak, karena banyak sekali yang bisa dipelajari anak lewat aktivitas mewarnai.

https://bimba-aiueo.com/manfaat-belajar-mewarnai-bagi-anak/

KOMENTAR

chayra - Jum'at, 28 Oktober 2022

waaa terimakasih informasinya, coba kunjungi artikel unair https://www.unair.ac.id/tingkatkan-motorik-anak-dengan-kegiatan-lomba-mewarnai/

Mirwan - Sabtu, 23 Oktober 2021

Sy maw ada kegiatan lomba mewarnai anak usia dini melalui rumah baca

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mirwan Piadi, S.Pd.SD

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh   Di era globalisasi, di zaman serba canggih, arus informasi dari berbagai belahan bumi tak terbendung…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :